Kumpulan Istilah Istilah Dalam Pendidikan

Ability Ability Grouping Abjad Abstrak Accessing Skill Adaptasi ( materi ajar ) Adaptif ADD/ ADHD Adjustment ( Penyesuaian ) Administrasi Pendidikan Advance Organizers Advanced Level Afektif Affiliation Need Ajari Anak Bukan Pelajaran Ajari Anak Secara Utuh Akademi Akademik Akademis Akhlak Akreditasi Akselerasi Akses Setara Aksi Akta IV Akta Mengajar Aktualisasi Diri Akulturasi Akuntabilitas Akurasi Alat dan metode Alat Pengajaran Algoritma Aljabar Ambiguitas Anal Stage Analisa tugas Analisis Analisis Butir Empiris Analisis Butir Soal Analisis Butir Teoretis Analisis Data Analisis Interaksi Analisis Kebutuhan Analisis Kesalahan ( Error Analysis ) Analisis Kontrastif Analisis Kovarian Analisis Perilaku Analisis SWOT Analisis Tugas Analisis Varian Analisis Wacana ( Discourse Analysys ) Analisis1 Analitis Analitis-Sintetis Andragogi Anggaran Pendidikan Angket Anomi Anti Intelektual Antropologi Apersepsi Aphasia ( Afasia ) Approach Appropriate Apresiasi Apriori Aptitude Aritmatika Arti Abstrak Arti Analisis Arti dari Badan Standar Nasional Pendidikan Arti Desain Penelitian Arti Evaluasi dampak Atau hasil jangka panjang Arti Evaluasi Kontek Arti Evaluasi masukan Arti Evaluasi proses atau hasil jangka pendek Arti Evaluasi reflektif Arti Kalender pendidikan Arti kata Akademis Arti Kata Akreditasi Arti Kata Beban belajar Arti Kata Kurikulum Arti Kata Pendidikan Arti Kata Penilaian Arti Kata Prestasi Arti Kegiatan mandiri tidak terstruktur Arti Kegiatan Tatap Muka Arti Kerangka Dasar Kurikulum Arti Kompetensi Arti Kompetensi Dasar Arti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Arti Landasan ilmiah pendidikan Arti Landasan religius pendidikan Arti Landasan yuridis atau hukum pendidikan Arti Media dua dimensi Arti Media pembelajaran Arti Metode Arti Pendekatan Arti Pendidikan akademik Arti Penugasan terstruktur Arti Permulaan Tahun Ajaran Arti Peserta Didik Arti Praktek pendidikan Arti Sistem Kredit Semester (SKS) Arti Standar Isi Arti Standar Kompetensi Arti Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Arti Standar Kompetensi Lulusan Arti Standar Nasional Pendidikan Arti Teknologi pembelajaran Arti Tes Artii Standar Kelulusan Asesmen ( Assessment ) Assesmen Badan Standar Nasional Pendidikan Bank Soal Beban belajar Belajar kaidah Belajar kognitif Belajar konsep Belajar teoritis Berpikir divergen Berpikir konvergen BSNP Buku suplemen Buku teks Bulan Efektif Belajar Ceramah Deduktif Desain pembelajaran Desain Penelitian Dialektika Disertasi Diskusi Diskusi global Diskusi gramatika terjemahan Diskusi ilmiah Diskusi induktif Efektif Belajar Eksplorasi Ensiklopedi Evaluasi dampak Atau hasil jangka panjang Evaluasi diagnostik Evaluasi formatif Evaluasi Kontek Evaluasi masukan Evaluasi proses atau hasil jangka pendek Evaluasi reflektif Evaluasi sumatif Filosofi pendidikan Fungsi pendidikan Globe Hipotesis Hipotesis alternatif Hipotesis argumentatif Hipotesis deskriptif Hipotesis kerja Hipotesis kualitatif Hipotesis kuantitatif Hipotesis nol Hipotesis operasional Hipotesis penjelasan Hipotesispenjelasan Ilmiah adalah Ilmu adalah Indikator Interaksi edukatif Istila Istilah Pendidikan Jalur pendidikan Jenis pendidikan Jenjang pendidikan Kalender pendidikan Kegiatan mandiri tidak terstruktur Kegiatan Tatap Muka Kejar Paket A Kejar Paket B Kejar Paket C Kelas Akselerasi Kemandirian Dalam Belajar Kerangka Dasar Kurikulum Komite sekolah/madrasah Komparatif Kompetensi Kompetensi Dasar Konsep Konstruktivisme Kontekstual Kooperatif Kurikulum Kurikulum cakupan Kurikulum kegiatan Kurikulum kegiatan luar sekolah Kurikulum muatan local Kurikulum pelengkap Kurikulum terpadu Kurikulum terpisah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurva Belajar Landasan filosofis pendidikan Landasan ilmiah pendidikan Landasan religius pendidikan Landasan yuridis atau hukum pendidikan Lembar kegiatan siswa Makna kata Akademis Materi pembelajaran Media dua dimensi Media pembelajaran Media pendidikan Media tiga dimensi Menghafal Metode Metode bagian ( Teileren method ) Metode ceramah Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL) Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT) Metode demonstrasi Metode discovery Metode diskusi Metode eksperimen Metode global (Ganze method ) Metode inquiry Metode karya wisata Metode latihan keterampilan Metode mengajar beregu Metode mengajar sesama teman Metode Pembelajaran Metode perancangan ( projeck method ) Metode percobaan ( Experimental method ) Metode resitasi ( Recitation method ) Metodolgi mengajar Model pembelajaran Model pembelajaran koperatif Motivasi Papan flanel (visual board) Papan magnet Pembelajaran kontekstual Pemecahan masalah ( Problem solving method ) Pendekatan Pendekatan berbasis masalah Pendekatan deduktif Pendekatan Inquiry Pendekatan keterampilan proses Pendekatan pembelajaran Pendekatan proses Pendidik Pendidikan Pendidikan akademik Pendidikan anak usia dini Pendidikan berbasis masyarakat Pendidikan dalam jabatan Pendidikan dasar Pendidikan formal Pendidikan informal Pendidikan jarak jauh Pendidikan Karakter Pendidikan nasional Pendidikan nonformal Pendidikan prajabatan Penelitian Penelitian sintetis Penelitian tanya jawab Pengajaran bermakna Pengajaran berprogram Pengajaran Ekspositori Pengamatan Pengelola program studi Pengelolaan kelas Pengetahuan Penilaian Penilaian diri Penugasan terstruktur Permulaan Tahun Ajaran Perpustakaan Peserta Didik Peta Steereometri Peta timbul Praktek pendidikan Praktikum Prestasi Program pendidikan doktor (S3) Program pendidikan magister (S2) Program studi Rancangan Rangkuman Refleksi Rencana Kerja Tahunan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) Satiasi Satuan pendidikan Sekolah Alam Sekolah Pascasarjana Silabus Sistem Kredit Semester (SKS) Sistem Paket Sistem pendidikan nasional Skripsi Stakeholders Standar Isi Standar Kelulusan Standar Kompetensi Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Standar Kompetensi Lulusan Standar Nasional Pendidikan Standar pembiayaan Standar pendidik dan tenaga kependidikan Standar pengelolaan pendidikan Standar penilaian pendidikan Standar proses Standar sarana dan prasarana Strategi pembelajaran Taktik pembelajaran Teknik pembelajaran Teknologi pembelajaran Telecture (Kuliah jarak jauh) Tenaga kependidikan Teori Tes Tesis Ujian Nasional Variabel Wajib belajar Wali kelas

Selasa, 14 Februari 2012

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran


Arti Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran adalah kualifikasikemampuan minimal peserta didik pada setiap kelompok mata pelajaran yangmencakup kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetikadan jasmani, olahraga dan kesehatan.
SKL (Standar Kompetensi Lulusan) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 sebagai berikut:
1. Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Akhlak Mulia;
Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2. Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepribadian;
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
3. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
4. Kelompok Mata Pelajaran Estetika;
Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5. Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan;
Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar