Kumpulan Istilah Istilah Dalam Pendidikan

Ability Ability Grouping Abjad Abstrak Accessing Skill Adaptasi ( materi ajar ) Adaptif ADD/ ADHD Adjustment ( Penyesuaian ) Administrasi Pendidikan Advance Organizers Advanced Level Afektif Affiliation Need Ajari Anak Bukan Pelajaran Ajari Anak Secara Utuh Akademi Akademik Akademis Akhlak Akreditasi Akselerasi Akses Setara Aksi Akta IV Akta Mengajar Aktualisasi Diri Akulturasi Akuntabilitas Akurasi Alat dan metode Alat Pengajaran Algoritma Aljabar Ambiguitas Anal Stage Analisa tugas Analisis Analisis Butir Empiris Analisis Butir Soal Analisis Butir Teoretis Analisis Data Analisis Interaksi Analisis Kebutuhan Analisis Kesalahan ( Error Analysis ) Analisis Kontrastif Analisis Kovarian Analisis Perilaku Analisis SWOT Analisis Tugas Analisis Varian Analisis Wacana ( Discourse Analysys ) Analisis1 Analitis Analitis-Sintetis Andragogi Anggaran Pendidikan Angket Anomi Anti Intelektual Antropologi Apersepsi Aphasia ( Afasia ) Approach Appropriate Apresiasi Apriori Aptitude Aritmatika Arti Abstrak Arti Analisis Arti dari Badan Standar Nasional Pendidikan Arti Desain Penelitian Arti Evaluasi dampak Atau hasil jangka panjang Arti Evaluasi Kontek Arti Evaluasi masukan Arti Evaluasi proses atau hasil jangka pendek Arti Evaluasi reflektif Arti Kalender pendidikan Arti kata Akademis Arti Kata Akreditasi Arti Kata Beban belajar Arti Kata Kurikulum Arti Kata Pendidikan Arti Kata Penilaian Arti Kata Prestasi Arti Kegiatan mandiri tidak terstruktur Arti Kegiatan Tatap Muka Arti Kerangka Dasar Kurikulum Arti Kompetensi Arti Kompetensi Dasar Arti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Arti Landasan ilmiah pendidikan Arti Landasan religius pendidikan Arti Landasan yuridis atau hukum pendidikan Arti Media dua dimensi Arti Media pembelajaran Arti Metode Arti Pendekatan Arti Pendidikan akademik Arti Penugasan terstruktur Arti Permulaan Tahun Ajaran Arti Peserta Didik Arti Praktek pendidikan Arti Sistem Kredit Semester (SKS) Arti Standar Isi Arti Standar Kompetensi Arti Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Arti Standar Kompetensi Lulusan Arti Standar Nasional Pendidikan Arti Teknologi pembelajaran Arti Tes Artii Standar Kelulusan Asesmen ( Assessment ) Assesmen Badan Standar Nasional Pendidikan Bank Soal Beban belajar Belajar kaidah Belajar kognitif Belajar konsep Belajar teoritis Berpikir divergen Berpikir konvergen BSNP Buku suplemen Buku teks Bulan Efektif Belajar Ceramah Deduktif Desain pembelajaran Desain Penelitian Dialektika Disertasi Diskusi Diskusi global Diskusi gramatika terjemahan Diskusi ilmiah Diskusi induktif Efektif Belajar Eksplorasi Ensiklopedi Evaluasi dampak Atau hasil jangka panjang Evaluasi diagnostik Evaluasi formatif Evaluasi Kontek Evaluasi masukan Evaluasi proses atau hasil jangka pendek Evaluasi reflektif Evaluasi sumatif Filosofi pendidikan Fungsi pendidikan Globe Hipotesis Hipotesis alternatif Hipotesis argumentatif Hipotesis deskriptif Hipotesis kerja Hipotesis kualitatif Hipotesis kuantitatif Hipotesis nol Hipotesis operasional Hipotesis penjelasan Hipotesispenjelasan Ilmiah adalah Ilmu adalah Indikator Interaksi edukatif Istila Istilah Pendidikan Jalur pendidikan Jenis pendidikan Jenjang pendidikan Kalender pendidikan Kegiatan mandiri tidak terstruktur Kegiatan Tatap Muka Kejar Paket A Kejar Paket B Kejar Paket C Kelas Akselerasi Kemandirian Dalam Belajar Kerangka Dasar Kurikulum Komite sekolah/madrasah Komparatif Kompetensi Kompetensi Dasar Konsep Konstruktivisme Kontekstual Kooperatif Kurikulum Kurikulum cakupan Kurikulum kegiatan Kurikulum kegiatan luar sekolah Kurikulum muatan local Kurikulum pelengkap Kurikulum terpadu Kurikulum terpisah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurva Belajar Landasan filosofis pendidikan Landasan ilmiah pendidikan Landasan religius pendidikan Landasan yuridis atau hukum pendidikan Lembar kegiatan siswa Makna kata Akademis Materi pembelajaran Media dua dimensi Media pembelajaran Media pendidikan Media tiga dimensi Menghafal Metode Metode bagian ( Teileren method ) Metode ceramah Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL) Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT) Metode demonstrasi Metode discovery Metode diskusi Metode eksperimen Metode global (Ganze method ) Metode inquiry Metode karya wisata Metode latihan keterampilan Metode mengajar beregu Metode mengajar sesama teman Metode Pembelajaran Metode perancangan ( projeck method ) Metode percobaan ( Experimental method ) Metode resitasi ( Recitation method ) Metodolgi mengajar Model pembelajaran Model pembelajaran koperatif Motivasi Papan flanel (visual board) Papan magnet Pembelajaran kontekstual Pemecahan masalah ( Problem solving method ) Pendekatan Pendekatan berbasis masalah Pendekatan deduktif Pendekatan Inquiry Pendekatan keterampilan proses Pendekatan pembelajaran Pendekatan proses Pendidik Pendidikan Pendidikan akademik Pendidikan anak usia dini Pendidikan berbasis masyarakat Pendidikan dalam jabatan Pendidikan dasar Pendidikan formal Pendidikan informal Pendidikan jarak jauh Pendidikan Karakter Pendidikan nasional Pendidikan nonformal Pendidikan prajabatan Penelitian Penelitian sintetis Penelitian tanya jawab Pengajaran bermakna Pengajaran berprogram Pengajaran Ekspositori Pengamatan Pengelola program studi Pengelolaan kelas Pengetahuan Penilaian Penilaian diri Penugasan terstruktur Permulaan Tahun Ajaran Perpustakaan Peserta Didik Peta Steereometri Peta timbul Praktek pendidikan Praktikum Prestasi Program pendidikan doktor (S3) Program pendidikan magister (S2) Program studi Rancangan Rangkuman Refleksi Rencana Kerja Tahunan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) Satiasi Satuan pendidikan Sekolah Alam Sekolah Pascasarjana Silabus Sistem Kredit Semester (SKS) Sistem Paket Sistem pendidikan nasional Skripsi Stakeholders Standar Isi Standar Kelulusan Standar Kompetensi Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Standar Kompetensi Lulusan Standar Nasional Pendidikan Standar pembiayaan Standar pendidik dan tenaga kependidikan Standar pengelolaan pendidikan Standar penilaian pendidikan Standar proses Standar sarana dan prasarana Strategi pembelajaran Taktik pembelajaran Teknik pembelajaran Teknologi pembelajaran Telecture (Kuliah jarak jauh) Tenaga kependidikan Teori Tes Tesis Ujian Nasional Variabel Wajib belajar Wali kelas

Selasa, 14 Februari 2012

Abstrak

Arti Abstrak


Abstrak adalah representasi yang singkat dan tepat dari kandungan berkas, arsip tulisan atau data yang mencakup semua hal yang penting dari berkas, arsip tulisan atau data asli, dan biasanya mengikuti gaya dan susunan seperti pada berkas, arsip tulisan atau data asli. Tujuan abstrak adalah untuk menangkap isi berkas, arsip tulisan atau data yang esensial sehingga dalam waktu yang singkat pembaca dapat mengetahui informasi yang terkandung dalam berkas, arsip tulisan atau data.

Keringkasan (conciseness) dan keberartian (significance) merupakan dua konsep penting dalam pengabstrakan. Abstrak harus ditulis secara jelas, tepat, komprehensif, tidak terikat (independent) dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran dan masukan terhadap berkas, arsip tulisan atau data. Pembuatan abstrak dapat dilakukan oleh penulis (author) atau oleh pengabstrak (abstractor). Penulis merupakan orang yang paling mengetahui isi berkas, arsip tulisan atau data sehingga diharapkan dapat memilih bagian-bagian terpenting dalam berkas, arsip tulisan atau data yang harus dituangkan dalam abstrak. Adapun yang dapat bertindak sebagai pengabstrak adalah orang yang mempunyai pengetahuan yang memadai tentang subjek berkas, arsip tulisan atau data yang akan dibuatkan abstraknya dan memahami metode pembuatan abstrak.

Fungsi Abstrak


Sebagai miniatur berkas, arsip tulisan atau data, abstrak berfungsi sebagai petunjuk kepada isi berkas, arsip tulisan atau data. Dengan membaca abstrak pembaca dapat mengetahui cakupan isi berkas, arsip tulisan atau data dalam waktu yang relatif singkat, sehingga ia dapat memutuskan apakah berkas, arsip tulisan atau data yang bersangkutan relevan atau tidak dengan yang diinginkan, dan dapat memutuskan apakah ia perlu atau tidak untuk membaca berkas, arsip tulisan atau data lengkapnya. Selain itu, abstrak memungkinkan pembaca untuk membaca literatur dalam jumlah yang besar. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya duplikasi dalam penelitian dan pengembangan.

Kesulitan dalam mengakses publikasi asing dan adanya kendala bahasa merupakan alasan bagi sebagian besar orang untuk mengabaikan publikasi berbahasa asing yang sesungguhnya merupakan bagian dari literatur yang harus dipertimbangkan dalam suatu subjek. Dalam hal ini layanan abstrak publikasi asing dapat menjadi titik akses untuk membantu mendapatkan informasi yang bersumber pada publikasi asing dengan relatif cepat dan mudah. Disamping itu, layanan abstrak publikasi asing juga dapat berfungsi untuk menjembatani kendala bahasa.

Dalam sistem temu kembali informasi, abstrak berfungsi sebagai pintu masuk ke dalam berkas, arsip tulisan atau data. Kata atau istilah yang digunakan dalam abstrak dapat digunakan sebagai istilah pencarian yang relatif mudah difahami oleh pengguna atau pencari informasi dari pada istilah indeks yang dibuat berdasarkan bahasa terkendali seperti tesaurus. Hal ini sangat bermanfaat dalam pencarian menggunakan bahasa alamiah (natural language).

Sifat Abstrak
Disamping karateristik representasi informasi secara umum yang telah disebutkan terdahulu, abstrak yang baik adalah abstrak yang mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
1. Ringkas: dinyatakan dengan kata atau kalimat yang ringkas dan terhindar dari ekspresi yang berlebihan (redundancy).
2. Jelas: menggunakan kata atau kalimat yang jelas dan terhindar dari arti ganda (ambiguity)
3. Tepat: menggunakan ekspresi yang tepat dan spesifik dalam menggambarkan isi berkas, arsip tulisan atau data.
4. Berdiri sendiri: deskripsi dari berkas, arsip tulisan atau data digambarkan secara lengkap dan dapat dimengerti sepenuhnya tanpa harus merujuk pada berkas, arsip tulisan atau data lain.
5. Objektif: terhindar dari interpretasi dan penilaian pribadi
Yang perlu ditulis dalam Abstrak

  • NAMA PENULIS
  • JUDUL
  • TAHUN DAN JUMLAH HALAMAN
  • ISI ABSTRAK MEMUAT POKOK PERMASALAHAN, TUJUAN DAN METODE  PENELITIAN,HASIL PENELITIAN,
  • KESIMPULAN DAN NAMA PENGABSTRAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar